PENYABAB KOPLING HANGUS HONDA TIGER ,REVO.



PENYEBAB KOPLING HANGUS

3748kampas-kopling-gt-1.jpgEntah kenapa sampai sekarang problem kampas kopling Honda Tiger Revo hangus masih terus aja ada. Bukan cuma pengguna pemula, tapi penunggang lama Tiger pun ada juga yang ngalamin kampas gosong.

Sampai sekarang pun belum ada solusi yang pas untuk mengatasi masalah di kampas kopling Tiger Revo itu. Tapi,ada beberapa faktor penentu nasib disc clutch Tiger Revo bermasalah.

“Ada komponen yang sepertinya bisa jadi penyebab kampas kopling hangus,” beber Suwenda 'Jack' Charis, Manager Teknik bengkel umum Duta Auto Style, Bandung. “Belum tentu motor yang bermasalah. Saya pernah coba konsumen agar pakai Tiger saya. Enggak tahunya kampas kopling Tiger saya hangus juga,” bantah Bronto ‘Bronx’ Laras, kepala mekanik dan pemilik bengkel umum Mandiri Motor, Jakarta.

Yuk diurut kemungkinan sebab dan solusi kampas kopling Tiger Revo hangus. Bronx tegas kalau salah satu sering ditemukan kampas kopling hangus di Tiger Revo karena penggunanya.3749kampas-kopling-gt-2.jpg

Sering gantung handel kopling jadi sebab kampas selip. Menekan handel kopling setengah berakibat tekanan pressure clutch alias piring penekan di rumah kopling enggak menekan sempurna. Kemungkinan besar ada dua per kopling ada yang enggak maksimal menekan.

“Paling benar, kopling ditekan penuh atau dilepas sekalian. Itu yang benar,” ujar Bronx yang mantan kepala mekanik bengkel Honda Tiger Mailing List (HTML), Jakarta itu.

Problem lain karena judder spring yang bentuknya mirip ring diameter besar. Pastinya judder spring menahan gerakan kampas kopling supaya enggak loncat-loncat waktu handel kopling ditekan atau dilepas. "Kalau clearance waktu gerakan axial kampas saat bekerja enggak sempurna, malah kampas kopling aman. Tapi, clearancenya sempurna malah bikin kampas kopling selip," bilang Jack yang berkantor di Jl. Jayakarta, Bandung.

Jack menyarankan kalau ada gejala kopling hangus coba judder spring dilepas. Terus, ambil kampas kopling yang ukurannya sama, bisa pakai dari Honda Astrea Grand, untuk menambah jumlah kampas kopling Tiger.

Saran Jack berbeda dengan Bronx. Bronx bilang memang melepas judder spring dan tambah kampas bisa lebih responsif. Problem lain muncul. Judder spring bukan cuma menahan loncatan kampas kopling, tapi juga meredam akselerasi dan deselerasi saat perpindahan gigi.

"Pastinya saat mesin di rpm atas seperti terjadi selip. Terus, stut kopling sedikit menekan meski posisi handel bebas. Kampas kopling jadi tetap bekerja. Usia kampas kopling cepat habis," bilang Bronx yang lebih dulu jadi kepala mekanik bengkel mobil.

Bronx coba berteori bahwa sebaiknya judder spring tetap dibutuhkan. Memang, generasi Honda GL tidak mengaplikasi judder spring, tapi enggak problem kampas kopling hangus. "Soalnya generasi Honda GL cc dan rpm-nya rendah dibanding Tiger. Judder spring di Tiger untuk mereduksi rpm. Tanpa judder spring pastinya usia kampas kopling pendek," jelasnya.

Problem lain mungkin muncul setelah ganti kampas kopling. Pemasangan yang salah bikin kampas kopling enggak bergesek sempurna dengan pelat kopling. "Sepintas dua biji judder spring bisa dipasang ke arah mana saja. Padahal, posisinya harus benar supaya enggak problem," jelas Bronx dari Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kalau dicek dan diraba kedua judder spring seperti ketekuk. Waktu pasang mesti berlawanan. Satu hadap ke luar bak kopling, satu lagi ke dalam. Karena saling berlawanan, judder spring bikin daya pegas.

Pegas dari judder spring mengurangi beban gesek saat pindah gigi di rpm menengah atas. Andai salah pasang, beban langsung diterima kampas karena enggak ada daya pegas. Akhirnya, kampas kopling hangus.

12 komentar:

  1. kalo di honda tiger mah ntu mungkin karna gear belakang GEDE. so accelerasi na kenceng, karna itu pengendaranya jadi ngotot saat mindah GIGI.sering terjadi slip di kampas kopling cepet gsong dah hehehehe

    BalasHapus
  2. kalo gl pro pake jadder spring ga mas...

    BalasHapus
  3. Itu karena struk tinggi sama primer sekunder lebih berat timbang GL, power nya gede jadi koplingnya ga kuat nahan tenaga. Kalu saya ya bending pake yang per 6 sama nambah kampas 1 trus plat geseknya ganti pake punya neo tech karena platnya ad totol nya

    BalasHapus
  4. Rumah kopling sering aus, motor ga ada kaselerasi (ngegerung saat di gas), kira2 penyebabnya apa? Dalam 3 bulan sudah 3x ganti rumah kopling

    BalasHapus
  5. Apa gl pro bawaannya oake judder spring gak

    BalasHapus
  6. Saya blm satu bulan ganti kanpas kopling paling cmn kepake 2 mingguan di awal normal akselerasi nya ada taoinkok setelah 2 minggu belakang ini tenaga nya agak ketahan gt ngagerung masa baru ganti baru udah selip lagi saya bingung ini mesti di apakan lagi mohon pencerahan nya teeimakasih.

    BalasHapus
  7. Mohon pencerahan nya teeimakasih

    BalasHapus
  8. Ronsel/rumah kopling dan lawan kaki empat sudah aus. Sehingga gerak kampas dan pelat kopling tidak bergerak bebas alias nyangkut di gunungan yg aus. Coba dihaluskan saja pake kikir kemudian pake hampelas yg halus.

    BalasHapus
  9. Motor Tiger Revo hidup tapi di oper ga mau jalan kenpa ya

    BalasHapus
  10. Saya pasang tanpa judder , kira² efek jangka panjangnya apa ya?

    BalasHapus
  11. Anonim3:07 PM

    GL max 2001 pakai judder spring. Terakhir ganti kampas kopling sama mekanik judder spring nya di lepas.
    Katanya ga muat pakai 5 kampas. Harus ada 1 kampas kecil.
    Fungsi dari judder spring apa ya?

    BalasHapus
  12. Judder spring berfungsi untuk menggeser posisi pelat dan kampas kopling pada saat tuas kopling bekerja. Tujuannya untuk mengurangi aus karena tekanan terus menerus di titik yang sama pada rumah kopling dan "lawan kaki empat". Walaupun tuas kopling sudah ditekan penuh, bila sudah aus maka pelat dan kampas kopling akan sulit untuk menjauh satu dan lainnya. Walaupun ganti pelat baru, umurnya tidak akan lama sebelum 2 part aus tsb di ganti.

    BalasHapus