PENYABAB KOPLING HANGUS HONDA TIGER ,REVO.



PENYEBAB KOPLING HANGUS

3748kampas-kopling-gt-1.jpgEntah kenapa sampai sekarang problem kampas kopling Honda Tiger Revo hangus masih terus aja ada. Bukan cuma pengguna pemula, tapi penunggang lama Tiger pun ada juga yang ngalamin kampas gosong.

Sampai sekarang pun belum ada solusi yang pas untuk mengatasi masalah di kampas kopling Tiger Revo itu. Tapi,ada beberapa faktor penentu nasib disc clutch Tiger Revo bermasalah.

“Ada komponen yang sepertinya bisa jadi penyebab kampas kopling hangus,” beber Suwenda 'Jack' Charis, Manager Teknik bengkel umum Duta Auto Style, Bandung. “Belum tentu motor yang bermasalah. Saya pernah coba konsumen agar pakai Tiger saya. Enggak tahunya kampas kopling Tiger saya hangus juga,” bantah Bronto ‘Bronx’ Laras, kepala mekanik dan pemilik bengkel umum Mandiri Motor, Jakarta.

Yuk diurut kemungkinan sebab dan solusi kampas kopling Tiger Revo hangus. Bronx tegas kalau salah satu sering ditemukan kampas kopling hangus di Tiger Revo karena penggunanya.3749kampas-kopling-gt-2.jpg

Sering gantung handel kopling jadi sebab kampas selip. Menekan handel kopling setengah berakibat tekanan pressure clutch alias piring penekan di rumah kopling enggak menekan sempurna. Kemungkinan besar ada dua per kopling ada yang enggak maksimal menekan.

“Paling benar, kopling ditekan penuh atau dilepas sekalian. Itu yang benar,” ujar Bronx yang mantan kepala mekanik bengkel Honda Tiger Mailing List (HTML), Jakarta itu.

Problem lain karena judder spring yang bentuknya mirip ring diameter besar. Pastinya judder spring menahan gerakan kampas kopling supaya enggak loncat-loncat waktu handel kopling ditekan atau dilepas. "Kalau clearance waktu gerakan axial kampas saat bekerja enggak sempurna, malah kampas kopling aman. Tapi, clearancenya sempurna malah bikin kampas kopling selip," bilang Jack yang berkantor di Jl. Jayakarta, Bandung.

Jack menyarankan kalau ada gejala kopling hangus coba judder spring dilepas. Terus, ambil kampas kopling yang ukurannya sama, bisa pakai dari Honda Astrea Grand, untuk menambah jumlah kampas kopling Tiger.

Saran Jack berbeda dengan Bronx. Bronx bilang memang melepas judder spring dan tambah kampas bisa lebih responsif. Problem lain muncul. Judder spring bukan cuma menahan loncatan kampas kopling, tapi juga meredam akselerasi dan deselerasi saat perpindahan gigi.

"Pastinya saat mesin di rpm atas seperti terjadi selip. Terus, stut kopling sedikit menekan meski posisi handel bebas. Kampas kopling jadi tetap bekerja. Usia kampas kopling cepat habis," bilang Bronx yang lebih dulu jadi kepala mekanik bengkel mobil.

Bronx coba berteori bahwa sebaiknya judder spring tetap dibutuhkan. Memang, generasi Honda GL tidak mengaplikasi judder spring, tapi enggak problem kampas kopling hangus. "Soalnya generasi Honda GL cc dan rpm-nya rendah dibanding Tiger. Judder spring di Tiger untuk mereduksi rpm. Tanpa judder spring pastinya usia kampas kopling pendek," jelasnya.

Problem lain mungkin muncul setelah ganti kampas kopling. Pemasangan yang salah bikin kampas kopling enggak bergesek sempurna dengan pelat kopling. "Sepintas dua biji judder spring bisa dipasang ke arah mana saja. Padahal, posisinya harus benar supaya enggak problem," jelas Bronx dari Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kalau dicek dan diraba kedua judder spring seperti ketekuk. Waktu pasang mesti berlawanan. Satu hadap ke luar bak kopling, satu lagi ke dalam. Karena saling berlawanan, judder spring bikin daya pegas.

Pegas dari judder spring mengurangi beban gesek saat pindah gigi di rpm menengah atas. Andai salah pasang, beban langsung diterima kampas karena enggak ada daya pegas. Akhirnya, kampas kopling hangus.

2 komentar:

kiyer mengatakan...

kalo di honda tiger mah ntu mungkin karna gear belakang GEDE. so accelerasi na kenceng, karna itu pengendaranya jadi ngotot saat mindah GIGI.sering terjadi slip di kampas kopling cepet gsong dah hehehehe

Pandi Supandi mengatakan...

kalo gl pro pake jadder spring ga mas...

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme