Mengatasi Suara Misterius pada Satria FU 150

Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah saya selaku owner blog ini mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga karena atas segala nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada saya,,sehingga saya diperkenankan untuk memposting secuil informasi untuk para FU Mania yang haus akan informasi dan perkembangan dari motor tercinta kita Suzuki Satria FU 150
Wah pembukaan yang sangat panjang dan sedikit padat 
Langsung aja,jujur aku dah lama ga posting karna masalah tugas sekolah yang menumpuk,,hehe
Di artikel ini aku mncoba untuk mnginformasikan analisa dan solusi dari kebiasaan buruk FU 150,,yaitu suara berisik (PREKETEK) yang sangat sering terdengar dan pastinya mngganggu pendengaran dari sang rider ya


Nah analisis pertama dari saya,,suara itu barasal dari rantai timing,,bahasa umumnya rantai keteng. Kenapa sih bisa bikin berisik?? ya penyebabnya bisa karena rantainya sudah ‘uzur’ bin melar, sproket (gir)-nya aus, atau karena stelan rantainya tidak pas lagi alias perlu distel lagi kekencengannya.
Males banget, motor keren eh bunyinya berisik banget. Huh!!!. Paniknya hati ini, melihat motor kesayangan bunyi mesinnya teriak2.
Sederhana sih solusinya, cukup dicek cam chain tension adjuster-nya bahasa gampangnya cek alat penyetel otomatis rante keteng. Cek apakah masih berfungsi atau tidak. Jika sudah tidak berfungsi maksimal ya memang musti diganti. Jadi ngak perlu asal claim minta diganti. Kalo masih berfungsi, artinya perlu distel lagi tuh tensioner!.
Gini nih caranya:
1.. Buka Cam Chain Adjuster Tensioner dari tempatnya. Gunakan kunci no 8.
2.. Setelah dibuka, dengan menggunakan obeng ( – )masukkan ke dalam celah tegangan rantai cam dan putar searah jarum jam untuk mengendorkan tegangan, kemudian lepaskan obeng ( – ).
3.. Untuk memastikan gerakan batang penekannya, bila batang penekannya macet/mekanisme pegasnya rusak ya harus diganti penyetel tegangan rantai keteng dengan yang baru.
Jadi, nggak melulu tensioner adjusternya musti diganti, cek dulu masih bekerja atau tidak. Jika masih bekerja, tinggal menyetel ketegangan rantai cam yang sesuai. Kalo sudah tidak berfungsi barulah diganti. Untuk berbagai kasus, penggantian ini biasanya gratis, karena masih dalam masa garansi.
Berikut ini langkah-langkah yang kudu duperhatikan pada saat akan memasang kembali alat tersebut.
1.. Sebelum memasang, pastikan pegas penegang sudah dikunci. Caranya dengan obeng (-) putar searah jarum jam.
2.. Putar Crankchaft pada arah yang normal untuk menghilangkan kekendoran rantai antara crank sproket dan exhaust sproket.
3.. Setelah memasang cam chain tension adjuster, putar obeng (-) berlawanan arah jarum jam. Pada saat cam chain tension adjuster berputar batang penegang a
kan terdorong oleh daya pegas dan menekan cam chain tension adjuster yang sekaligus menekan rantai cam.
Hah udah itu cuma satu analisis n solusi yang bisa aku berikan,,mungkin agak mumet ya mbacanya,,oya pada saat  servis mending ditemani ama tukang apa montir yg tau,,klo blum bisa jangan nyoba sendiri,,krna bagian yg susah itu ngembaliin crankshaftnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar