Yamaha New Jupiter-Z



Setelah diperkenalkan pada publik seminggu yang lalu di Sentul (29/11), MOTOR Plus langsung menjajal performa Yamaha New Jupiter-Z. Kesempatan ini dilakukan dalam perjalanan Jogja-Kediri yang berjarak 250 km pada rangkaian acara Yamaha New Jupiter-Z Amazing Tour 2010.

Penasaran dengan performa bebek 113,7 cc ini pasti terjawab dalam perjalanan panjang itu. Dengan tinggi badan 165 cm, saat pertama kali duduk di atas jok dan kedua tangan memegang setang, rasanya tidak ada perbedaan antara Jupiter-Z baru dengan yang lama. Cuma posisi setang terasa sedikit lebih rendah. Bisa jadi lantaran dimensi keduanya tidak jauh berbeda.

Saat anak kunci diarahkan ke posisi ON, ups rumah kuncinya model magnet. Seperti yang ada di Honda Vario CBS Techno. Begitu anak kunci dilepas, lubang kunci otomatis tertutup. Dan bila diputar ke kiri berfungsi untuk membuka jok dan bagasi motor. Atau mirip yang daplikasi pada Nouvo Z.

Begitu tombol stater ditekan, suara mesin langsung terdengar, rasanya suara sedikit lebih lembut dibanding Vega ZR yang memakai dapur pacu sejenis. Ini lantaran bagian dalam saluran buang Jupiter-Z sudah didesain berbeda.



Juga pandangan pengendara ke panel spidometer tampak jelas. Apalagi ornamen spido mengadopsi eye catching illumination meter. Saat malam tiba malah jadi tampak menawan, karena sekeliling spidometer sudah dipasang pasang LED.

Begitu pedal persneling diinjak gigi ke satu dan gas dibetot, motor langsung ngacir. Tenaganya sangat responsif. Dibetot paksa, jarum spido mentok di 40 km/jam. Masuk gigi dua lagi-lagi gas dibejek habis terlihat jarum melewati 60 km/jam.

Sedang pada putaran gigi tiga kecepatan 80 km per jam bisa cepat diraih. Saat kondisi jalan lengang masuk gigi empat kecepatan New Jupiter-Z ini bisa tembus 110 km/jam. Sistem perpindahan gigi yang sudah rotari juga memudahkan kembali ke posisi netral begitu berhenti.

Saat melintasi kawasan Ngawi, Jawa Timur dan melewati jalur berkelok, handling yang dirasakan begitu mantaf. Gak ada gejala ngebuang pada sektor roda belakang. Ini lantaran sudah dilengkapi batang suspensi berdiameter besar.

Setelah hampir seharian jajal, sudut yang dibentuk antara pijakan kaki, jok dan setang juga cukup nyaman. Namun getaran sedikit terasa ketika tangan genggam setang.



DIMANJA LAMPU

Kesan elegan sepertinya ingin sempurna ditampilkan pada Yamaha New Jupiter-Z ini. Selain mengadopsi desain bodi yang sudah begitu futuristik, juga sudah dilengkapi suguhan lampu ciamik. Seperti pada headlamp yang punya desain lampu keren dan memiliki dobel bohlam dan reflector dengan mika yang lebih belo dari model sebelumnya.

Masih pada bagian muka, bodi juga didesain menyatu dengan lampu senja dan sein. Konsep lampu model ini mengingatkan pada Jupiter MX 135LC. Cuma dimensinya lebih besar dan hampir menutup setengah bagian bodi depan. Sedangkan lampu belakang memiliki ukuran lebih besar dengan desain yang juga nggak kalah menarik.

Untuk kaki-kaki, New Jupiter-Z tipe CW tentunya sudah pakai pelek palang yang sama dipakai Jupiter MX. Ini bikin tampilan jadi lebih gagah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar