Jalan-jalan setiap sore (JJS) sama istri dan anak, merupakan kebahagian tersendiri bagi suami. Karena hal itu bisa menikmati kebersamaan bareng keluarga. Tapi gimana ya, kalo lagi asyik-asyiknya jalan, tiba-tiba besutan mengeluarkan suara berisik yang enggak enak didengar? Wah pasti jadi terganggu dong.
Gbr 1
gbr 2
Gbr 3
Gbr 4
Kisah itu dialami Edi Sumaryo warga Cipondoh, Tangerang, Banten. "Iya waktu saya sedang enak jalan sama istri dan anak, tiba-tiba ada suara dari dalam CVT. Bukan suara knalpot, tapi bunyinya setiap di atas kecepatan 60 km/jam," kata pria berambut putih ini.
Nah, gara-gara masalah itu Edi dan keluarganya batal JJS. Wah, kacau deh! Tapi biar enggak nyusahin terus, Yamaha Mio 115 cc keluaran 2008 itu digelandang ke bengkel Bonano Fiananda (BO) di Jl. KH. Maulana Hasanudin, Porisgaga Batu Ceper, Tangerang, Banten.
Di BO Edi bertemu Muhammad Nurdiansyah, mekanik BO. Dia menceritakan yang dialami pada besutannya. Setelah Edi curhat sama pria ramah yang biasa disapa Aan itu, skutik yang katanya market leader itu pun langsung dibongkar.
Gbr 5
Gbr 6
Setelah dicek and ricek, ternyata pemicu suara yang keluar dari dalam CVT adalah gigi rasio (gbr.1). "Memang kalo gigi rasio itu renggang antara primer dan skunder akan menimbulkan bunyi (gbr.2). Karena antara gigi rasio dan primer terdapat satu ring besar, jadi kalau enggak rapat ring itu akan bergetar. Makanya kalo motor dalam keadaan kencang jangan direm mendadak, itu bisa membuat gigi rasio jadi abis alias ompong," jelas Aan.
Biar gak beli baru, solusinya dipres dan dilas kuningan. Penasaran kan, apa yang dilakukan Aan. Yuk kita lihat. Sebelum dibongkar, siapkan dulu perkakas yang diperlukan; T-8, tracker, kunci sok ukuran 24 dan kunci L-5.
Gbr 7
Pertama buka 22 baut yang mengunci di bak CVT menggunakan kunci T-8 (gbr.3). Lalu lepas kopling sentrifugal dengan kunci sok 24 (gbr.4). "Jangan lupa pakai tracker biar gampang buka sentrifugalnya," tambahnya.
Setelah itu copot baut L penutup rasio sebanyak lima buah pakai kunci L-5 (gbr.5). Kalau sudah buka, rasionya dipres menggunakan alat catokan pres (gbr.6). "Biar rasio itu gak kambuh lagi maka harus dilas kuningan (gbr.7)," bilang pria ini sambil tersenyum.
Buat biayanya, cukup bayar Rp 50 ribu. "Itu sudah berikut ongkos pasang, lo," ucapnya. Hasilnya, skutik Edi sudah enggak 'sakit' lagi, deh.
Itu klo di las kuningan bertahan berapa lama gan?
BalasHapusThanks info nya,,sangat membantu.soalnya mio ane dengung juga cvt nya,,
Bang klau fino 2012 pas jalan lepas gas dia bunyi suara jet siiiiiing itu apa ya
BalasHapusBang motor sya bunyi seperti suara kapal jet siiiiiiing di saat jalan gas di lepas dia bunyi itu apa ya bang
BalasHapusKemarin sya ke tmp abang gak ketemu bengkel nya
BalasHapusKalo mio sporty 2010,, kecepatan 6 . ,,,cvtx berisik kya bunyi gesekan
BalasHapusKalo mio sporty 2010,, kecepatan 6 . ,,,cvtx berisik kya bunyi gesekan
BalasHapusKok engga muncul ya gambarnya?
BalasHapusSama :-(
HapusSaya mio m3 uda ganti 3 bering girbox suara nya masih kasar dan mendengung .kira2 apa lgi yg rusak
BalasHapusMas solusinya udah ketemu blum...soalnya mio m3 saya juga dengung padahal sudah lahar
HapusKlo Mio soul gt 2012 gimana bang suara nya kaya suara gesekan klo kecepatan 40 udah bising bang sama turun gas itu Giman cara ngatasin nya bang di Gigi rasio nya
BalasHapusMas gambarnya gak kliatan
BalasHapusAh... Ah. ...ah...
BalasHapusO iya a kalo dilas nanti dia akan kambuh lagi apa tidk selain kita ganti
BalasHapuskok pesan pesannya gak di bales ya
BalasHapusapa ini yg di sebut blog taii...
kok pesan pesannya gak di bales ya
BalasHapusapa ini yg di sebut blog taii...
kok pesan pesannya gak di bales ya
BalasHapusapa ini yg di sebut blog taii...
Bengkel nya nama nya apa dimana
BalasHapusMaaf. Blogger nya lupa password haha
BalasHapus